Call for Applications: Indonesia - 2021 For Women In Science National Program

The call for application is now closed. Time remaining before closing assessments
0 Days
0 Hours
0 Minutes
0 Seconds
To apply for this program, you must be logged in to your account. If you are unable to access the form once you are logged in, please refer to the "How do I apply for a program?" section of the FAQ.

Call for Applications: Indonesia - 2021 For Women In Science National Program

L'Oréal Indonesia bersama dengan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Kemendikbud kembali menyelenggarakan program L'Oréal - UNESCO For Women In Science (FWIS) berupa Fellowship Nasional atau pemberian beasiswa penelitian bagi empat (4) orang perempuan peneliti muda yang telah berpendidikan S3/PhD atau sedang menempuh studi S3/PhD di bidang Life Science dan Non-Life Science (Physical Sciences, Material Science, Engineering, IT, Mathematics). Program kegiatan Fellowship Nasional ini juga diselenggarakan dalam rangka
mencari kandidat dari Indonesia untuk berkesempatan mengikuti program Fellowship Internasional Rising Talents L'Oréal - UNESCO For Women in Science di tingkat internasional.

Program Overview

Partners

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO)

Award(s) of the Prize

Jumlah pendanaan proposal penerima penghargaan akan diberikan masing-masing Rp100,000,000 (seratus juta rupiah) untuk pemenang kategori Life Sciences (2 orang) dan pemenang kategori Non-Life Sciences (2 orang).

Main eligibility criteria

1. Seorang perempuan peneliti muda/ilmuwan berkewarganegaraan Indonesia

2. Berusia maximal 40 tahun pada 30 November 2021

3. Bergerak di bidang Life Sciences dan Non-Life Sciences (Material Science, Earth Science, Teknik, Computer Science, Matematika, Kimia dan Fisika)

4. Kandidat-kandidat harus layak untuk mengikuti kompetisi selama studi doktoral mereka dan/atau telah menerima gelar doktor

5. Penghargaan diberikan kepada sampai dengan 4 orang perempuan peneliti untuk melakukan penelitian ilmiah lebih lanjut di universitas atau institusi ilmiah di Indonesia

6. Seluruh pendaftar harus mengumpulkan dokumen yang diperlukan pada situs resmi aplikasi.

Initial launch date
June 10, 2021

Information document(s)

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu For Women In Science (FWIS)?
For Women in Science adalah penghargaan yang diberikan kepada perempuan peneliti muda berbakat yang mendedikasikan karir mereka untuk mengembangkan inovasi ilmiah dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan kemajuan masyarakat. Sejak tahun 2004 program ini dijalankan di Indonesia atas kerjasama yang didukung oleh Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kemdikbud dengan tujuan untuk mengakui, menyemangati, dan
mendukung perempuan di bidang sains.

2. Mengapa FWIS?
Meski banyak perempuan ilmuwan yang telah memimpin riset-riset terobosan (ground-breaking research) di bidang sains, sains masih didominasi laki-laki. Perempuan hanya mencakup 29% peneliti di seluruh dunia, dan pekerjaan mereka jarang mendapatkan pengakuan yang layak. Hanya 3% Novel untuk sains pernah diberikan kepada perempuan.

3. Mengapa harus mendaftar FWIS?
Tak hanya menerima dana penelitian sebesar Rp100 juta, para penerima penghargaan FWIS dari tahun-ke tahun mendapatkan jejaring yang luas lagi berkualitas, tak hanya jejaring dengan peneliti penerima penghargaan FWIS pada tahun-tahun sebelumnya, tetapi juga dengan para peneliti terkemuka yang menjadi juri FWIS. Selain itu, para penerima penghargaan juga dapat dipromosikan ke ajang tahunan FWIS Internasional yang memperebutkan dana penelitian masing-masing sebesar €40.000 untuk 15 orang terpilih.

4. Siapa yang bisa mendaftar?
Perempuan ilmuwan yang telah bekerja di bidang-bidang Life Sciences dan Non-Life Sciences (Physical Sciences, Material Science, Engineering, IT, Mathematics), berkewarganegaraan Indonesia, minimal memiliki gelar S3/PhD atau sedang menjalankan pendidikan S3/PhD dan berusia maksimal 40 tahun pada 30 November 2021.

5. Apa dukungan yang akan diberikan L'Oréal kepada pemenang?
Setiap tahun, empat ilmuwan terpilih, yang terdiri dari 2 pemenang di bidang Life Sciences dan 2 pemenang di bidang Non-Life Sciences, diberikan dana riset yang jumlahnya berbeda setiap tahunnya. Pada 2021, FWIS akan memberikan dana penelitian sebesar Rp100 juta kepada masing-masing pemenang.

6. Kenapa hanya perempuan?
L'Oréal berkomitmen untuk mendukung penuh adanya kesetaraan gender. Menurut UNESCO, persentase perempuan ilmuwan di Indonesia baru mencapai 31%. Menyadari hal ini, kami ingin mendukung dan mendorong perempuan ilmuwan Indonesia agar dapat kontribusi untuk bangsa melalui penelitian di bidang sains.

7. Kenapa maksimal 40 tahun?
FWIS Nasional berada di bawah naungan program National Young Rising Talent, yang berfokus pada pengembangan potensi peneliti dan ilmuwan muda. Kami ingin mendukung ilmuwan muda agar mampu memberikan kontribusi bagi bangsa untuk tahun-tahun yang akan datang. Sementara, untuk perempuan ilmuwan berusia di atas 40 tahun, dapat mengikuti L'Oréal-UNESCO Laureats, atau sering juga disebut sebagai penghargaan Nobel bagi perempuan.
Dalam ajang ini, perempuan peneliti terkemuka dapat diajukan oleh rekan kerjanya, atau siapapun yang merasa calon tersebut adalah peneliti yang layak menerima penghargaan sebagai Laureats. Lima Laureates Terpilih masing-masing berhak atas dana penelitian sebesar €100.000.

8. Apa saja bidang ilmu yang boleh mengikuti FWIS?
Saat ini FWIS mendukung perempuan ilmuwan yang terlibat aktif dalam penelitian ilmiah bidang ilmu bumi, kimia, ilmu material/ teknik material, ilmu hayati, fisika, teknik, dan ilmu komputer.

9. Kenapa ilmu sosial tidak diikutsertakan?
Melihat sejarah L'Oréal yang bergerak di bidang kecantikan dimana racikan produk-produknya dilandaskan ilmu sains atau ilmu pengetahuan alam, L'Oréal tergerak dan memilih untuk memfokuskan fellowship ini khusus untuk para peneliti perempuan muda di bidang-bidang ilmu pengetahuan alam. Ini sejalan dengan bidang keahlian L'Oréal sebagai suatu merek yang mengintegrasikan kecantikan dan sains. Selain itu, L'Oréal juga lahir dari seorang ilmuwan ahli kimia bernama Eugène Schueller. Untuk menghidupkan spirit Eugène Schueller, hingga saat ini L'Oréal berfokus pada sains dan kecantikan. Ilmu pengetahuan alam memang sangat erat dengan profil L'Oréal.

10. Bagaimana kriteria penilaiannya?
Para dewan juri kami sangat menghargai keaslian, kelengkapan dan nilai inovasi dari proposal penelitian. Pernyataan masalah (problem statement) yang tajam hingga penemuan solusi melalui inovasi yang diajukan untuk memecah masalah tersebut akan membuat proposal penelitian lebih menonjol. Referensi yang lengkap, tidak ada plagiarisme dan memenuhi etika akademis juga sangatlah penting untuk dipenuhi. Proposal penelitian juga diharapkan dapat bermanfaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

Rekam jejak (track record) yang konsisten dari pengaju proposal juga memberikan nilai tersendiri. Setiap orang tentunya memiliki berbagai kelebihan yang dapat ditonjolkan.

11. Bagaimana ketentuan proposal pendaftaran?

I. Proposal Penelitian - Penjabaran lengkap beserta judul penelitian yang akan diajukan. Diutamakan untuk menyusun dalam Bahasa Inggris sebagai bahasa utama FWIS. Isi dari proposal penelitian diharapkan untuk mengikuti format:

1.Latar Belakang

2.Perumusan Masalah & Pernyataan Masalah

3.Metode/ Pendekatan Penelitian

II. Hasil yang Diharapkan

III. Perkiraan Anggaran Penelitian - Perincian atas dana yang diperlukan kandidat untuk menjalankan riset yang diajukannya, termasuk melakukan penelitian untuk jangka waktu kurang lebih 6 (enam) bulan sampai 1 (satu) tahun.

(I, II dan III dalam1pdf,dibatasi maksimallima (5)halaman.Referensi/Bibliographydiluar ketentuan batas halaman ini,jadi silakan tambahkan ke dalampdf dibagian akhir)

IV. Lampiran Proposal

1) Surat Referensi - dari para pembimbing penelitian

2) Surat Penerimaan - dari pembimbing di laboratorium yang akan menjadi tempat penelitian (jika akan melakukan penelitian tanpa ke lab/kantor khusus, tidak usah)

3) Untuk yang sedang S3/PhD: bukti transkrip. Untuk yang sedang post-doc atau telah lulus S3/PhD: bukti lulus S3/PhD Degree.

4) CV/Resume & Motivation Letter

5).Sertifikat, Penghargaan & copy jurnal ilmiah - jika ada